Home News Menggabungkan Sertifikat Tanah Yang Bersebelahan

Menggabungkan Sertifikat Tanah Yang Bersebelahan

Posted On : 29 Mei 2017   By : Admin Menggabungkan Sertifikat Tanah Yang Bersebelahan

Centralrumah.com - Anda memiliki sebidang tanah dan membeli sebidang tanah lainnya dalam jarak yang bersebelahan, apakah sertifikatnya dapat digabungkan? Apa saja syarat yang harus dilengkapi?

 

Wajib Daftar Perubahan

Saat luas tanah berubah, baik bertambah maupun berkurang maka hendaknya wajin melakukan pemeliharaan data pendaftaran tanah. Proses ini wajib hukumnya dilakukan oleh pemegang Hak yang bersangkutan. Ini tercantum dalam Pasal 36 Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah (PP No. 24 Tahun 1997) Yang isi pasalnya:

 

"(1) Pemeliharaan data pendaftaran tanah dilakukan apabila terjadi perubahan pada data fisik atau data yuridis obyek pendaftaran tanah yang telah terdaftar.

 

(2) Pemegang hak bersangkutan wajib mendaftarkan perubahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) kepada Kantor Pertanahan."

 

Lalu apa yang dimaksud dengan pemeliharaan data pendaftaran tanah? Pada PP yang sama tercantum bahwa ini merupakan kegiatan pendaftaran tanah untuk menyesuaikan data fisik dan yurid dalam peta pendaftaran, daftar tanah, daftar nama, surat ukur, buku tanah dan sertifikat dengan perubahan yang terjadi kemudian.

 

Pengubahan data fisik tanah ini perlu dilakukan bila ada pemisahan, pemecahan, atau penggabungan bidang-bidang tanah yang sebelumnya sudah terdaftar.

 

Penggabungan Tanah

Saat tanah bertambah luas dan sertifikat lama akan digabungkan dengan sertifikat baru, maka perlu di lakukan penggabungan bidang tanah. Lalu seperti apa penggabungan tanah tersebut? Penjelasan terkait hal ini juga tercantum dalam pasal 50 ayat (1) dalam PP yang sama. Yang isi ayatnya :

 

"Atas permintaan pemegang hak yang bersangkutan, dua bidang tanah atau lebih yang sudah di daftar dan letaknya berbatasan yang semuanya atas nama pemilik yang sama dapat digabung menjadi satu satuan bidang baru, bila semuanya dipunyai dengan hak yang sama dan bersisa jangka waktu yang sama."

 

Tanah yang digabungkan menjadi satu sertifikat ini letaknya harus berbatasan atau sebelahan dan harus terdaftar dengan nama pemilik yang sama. Dalam proses penggabungan ini akan dibuatkan surar ukur, buku tanah dan sertifikat dengan menghapus surat ukur, buku tanah dan sertifikat yang sebelumnya sudah ada.

 

Syarat Penggabungan Tanah

Tentu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ketika akan menggabungkan sebidang tanah yang baru dibeli dengan tanah yang sudah di miliki sebelumnya. Persyaratan tersebut selanjutnya perlu digunakan untuk diajukan ke Kantor Pertanahan.

 

Berikut beberapa persyaratan tersebut:


1. Formulir permohonan yang sudah diisi dan ditandatangani pemohon atau kuasanya di atas materai cukup,


2. Surat kuasa apabila dikuasakan,


3. Fotocopy identitas pemohon (KTP dan KK) yang sudah dicocokan dengan aslinya oleh petugas loket,


4. Sertifikat asli.

 

Formulir permohonan sendiri harus memuat:

1. Identitas diri,


2. Luas, letak dan penggunaan tanah yang dimohon,


3. Pernyataan tanah tidak dalam sengketa,


4. Pernyataan tanah dikuasi secara fisik,


5. Alasan penggabungan.

 

Waktu Dibutuhkan

Bila bekas sudah diajukan, lalu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memprosesnya? Perlu Anda ketahui bahwa proses penggabungan sertifikat ini akan memakan waktu selama 15 hari untuk proses penggabungan hingga 5 bidang tanah. Jika penggabungan yang diajukan lebih dari 5 bidang tanah maka prosesnya pun akan menyesuaikan kembali.

 

Pengukuran tanah akan dilakukan oleh pihak Badan Pertanahan bila:
1. Sertifikat belum dilengkapi gambar situasi


2. Terjadi perubahan tanda batas

 

Kini sudah jelas bukan mengenai penggabungan beberapa bidang tanah ke dalam satu sertifikat? Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan Anda!

 

 


Centralrumah.com
Situs Jual Beli Properti Terpercaya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tags : sertifikat hak milik, pengurusan sertifikat, SHM,

 

News & Tips

Menggabungkan Sertifikat Tanah Yang Bersebelahan

Centralrumah.com - Anda memiliki...

Telat Bayar Sewa Gedung Apa Jadinya?

Centralrumah.com - Jika di lihat,...



Simulasi KPR

  • Jumlah Kredit
  • DP
  • Jangka Waktu (bulan)
  • Bunga Contoh: 3%
  • " centralrumah.com sangat membantu saya dalam mencari hunian yang saya inginkan, hunian yang ditawarkan pun tidak mengecewakan saya. Dan centralrumah.com bisa membantu... " Baca Selengkapnya

    - Tatang Herwanto

  • " Banyak kemudahan dan juga keuntungan memakai jasa centralrumah.com, Rumah saya dipasarkan oleh centralrumah.com Alhamdulilah responya cukup bagus sudah beberapa kali... " Baca Selengkapnya

    - Rere Sri Handayani Rudianto

  • " Terima kasih centralrumah.com telah membantu saya cari lokasi untuk Cluster, lokasi yan di tawarkan menarik, dan mempunyai prospek yang bagus untuk dibuat Cluster. Maju... " Baca Selengkapnya

    - Endang Kusnandar

  • " centralrumah.com sangat mempermudah saya untuk pencarian property dengan tampilannya yang sangat menarik hingga saya dapat mengetahui informasi lebih jelas tentang... " Baca Selengkapnya

    - Ismail Shaleh