Home News Telat Bayar Sewa Gedung Apa Jadinya?

Telat Bayar Sewa Gedung Apa Jadinya?

Posted On : 26 April 2017   By : Admin Telat Bayar Sewa Gedung Apa Jadinya?

Centralrumah.com - Jika di lihat, saat ini makin banyak orang membuat perusahaan di Negara kita. Gedung menjadi incaran untuk disewa oleh para pemilik usaha, gedung yang dicari pun memiliki lokasi yang strategis. Lalu bagaimana jadinya bila gedung yang disewa telat bayar? Disegel atau di tutup secara sepihak? Berikut selengkapnya!

 

Sewa - Menyewa

Sesuai dengan pengertian sewa menyewa yang tercantum dalam Pasal 1548 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer) yang isinya :

 

"Sewa menyewa ialah suatu persetujuan, dengan mana pihak yang satu mengikatkan diri untuk memberikan kenikmatan suatu barang kepada pihak lain selama waktu tertentu, dengan pembayaran suatu harga yang disanggupi oleh pihak tersebut terakhir itu Orang bisa menyewakan berbagai jenis barang, baik yang tetap maupun yang begerak."

 

Maka disimpulkan ada beberapa unsur sewa menyewa yang terdiri dari kesepakatan kedua belah pihak, adanya barang yang disewakan, adanya harga yang disepakati, sehingga adanya kurun waktu tertentu.

 

Kewajiban Utama Penyewa

Ada 2 (dua) kewajiban yang harus ditepati dan hal ini tercantum dalam Pasal 1560 KUHPer. Yang isinya :

1. Memakai barang sewa sebagai seorang kepala rumah tangga yang baik, sesuai dengan tujuan barang itu menurut persetujuan sewa atau bila tidak ada persetujuan mengenai hal itu, sesuai dengan tujuan barang itu menurut persangkaan menyangkut keadaan;

2. Membayar harga sewa pada waktu yang telah ditentukan."

 

Bisa dilihat di pasal ini bahwa sebuah gedung atau bangunan yang disewa bukan hanya wajib untuk dirawat dengan baik, juga harus dibayar sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

 

Berpatokan pada Perjanjian Sewa

Isi pasal yang ada pada poin sebelumnya dikembalikan lagi atas dasar kesepakatan yang dibangun antara pemberi sewa dengan penyewa. Maka dari itu, peran perjanjian sewa menyewa penting karena dijadikan sebuah rujukan utama.

 

Isi perjanjian mengatur beberapa hal yang terdiri dari tata cara pembayaran sewa, aturan bila pembayaran sewa terlambat, sampai pengakhiran perjanjian. Pada dasarnya, pemilik bangunan yang sekaligus pemberi sewa juga bisa mengakhiri perjanjian sewa bila pihak penyewa melakukan kelalaian.

 

Untuk hal gedung yang disewa dan terlambat membayar sewa bisa saja disegel secara sepihak oleh pemiliknya. Biasanya ini dilakukan oleh penyewa yang sudah melakukan kesalahan tersebut berulang kali atau sudah melanggar isi perjanjian sewa.

 

Harus di teliti kembali dalam perjanjian apakah sudah dibuat mencakup aturan mengenai keterlambatan pembayaran sewa bangunan atau gedung. Bila memang sudah melanggar jangka waktu, maka sang penyewa harus siap menerima sanksinya.

 

Saat ini sudah jelaskan? Yang terjadi jika sebuah gedung disewa dan tidak membayar sewa tepat waktu bisa saja disegel. Semuanya merujuk pada isi perjanjian sewa dan KUHPer yang berlaku.

 

 

 

 

Tags: aturan, bangunan, disegel, disewa, ditutup, gedung, kewajiban

 

News & Tips

Menggabungkan Sertifikat Tanah Yang Bersebelahan

Centralrumah.com - Anda memiliki...

Telat Bayar Sewa Gedung Apa Jadinya?

Centralrumah.com - Jika di lihat,...



Simulasi KPR

  • Jumlah Kredit
  • DP
  • Jangka Waktu (bulan)
  • Bunga Contoh: 3%
  • " centralrumah.com sangat membantu saya dalam mencari hunian yang saya inginkan, hunian yang ditawarkan pun tidak mengecewakan saya. Dan centralrumah.com bisa membantu... " Baca Selengkapnya

    - Tatang Herwanto

  • " Banyak kemudahan dan juga keuntungan memakai jasa centralrumah.com, Rumah saya dipasarkan oleh centralrumah.com Alhamdulilah responya cukup bagus sudah beberapa kali... " Baca Selengkapnya

    - Rere Sri Handayani Rudianto

  • " Terima kasih centralrumah.com telah membantu saya cari lokasi untuk Cluster, lokasi yan di tawarkan menarik, dan mempunyai prospek yang bagus untuk dibuat Cluster. Maju... " Baca Selengkapnya

    - Endang Kusnandar

  • " centralrumah.com sangat mempermudah saya untuk pencarian property dengan tampilannya yang sangat menarik hingga saya dapat mengetahui informasi lebih jelas tentang... " Baca Selengkapnya

    - Ismail Shaleh